Titimangsa

Titimangsa
Mendidik | Cerdas | Inovativ

Monday, 3 March 2014

KEHANCURAN SISTEM KEUANGAN DUNIA




March 3, 2014 at 2:31pm

KEHANCURAN DOLLAR
Setelah hampir 100 tahun bertengger sebagai mata uang paling berpengaruh dan dijadikan sebagai cadangan devisa (reserve currency) di seluruh dunia, Dollar Amerika Serikat (USD) kini tengah berada di penghujung sejarah masa keemasannya . Krisis finansial tahun 2008, sebenarnya adalah tahun sekaratnya USD dan, seperti diramalkan banyak pengamat uang, hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi saja, bahkan menurut Dr. Steve Sjegured, tinggal 1 tahun saja, yakni di penghujung tahun 2011, mahluk perkasa yang bernama USD ini dipastikan tidak sanggup lagi bertahan hidup. Mengapa?

DOLLAR DICETAK TANPA JAMINAN

Berbeda dengan negara-negara lain, AS dapat mencetak dollar setiap saat tanpa harus menggunakan jaminan. Dengan memiliki hak-hak istimewa ini dan disebabkan(maaf) oleh “ketololan masyarakat dunia juga, AS dapat membeli apa saja untuk membangun negerinya tanpa harus bersusah payah bekerja keras sebagaimana bangsa-bangsa lain. Setiap saat perlu sesuatu, pemerintah AS memerintahkan  Federal Reserve untuk mencetak USD. Kapan saja dan berapa banyak saja. Pokoknya, cetak terusssss……

KEMEWAHAN SEMU

Apa yang terjadi akibat tindakan ini?. Memang, secara kasat mata Negara Adi Daya ini sangat WUAH……… Deretan gedung pencakar langit nan mewah, bentangan jala-jalan tol yang lebar-lebar, FASOS-FASUM yang lengkap, dan seabreg kemewahaan lainnya,  sampai dengan hal-hal lain yang tidak mungkin dilakukan oleh negara lain, seperti kepimilikan kapal-kapal induk yang menyebar di berbagai belahan dunia dengan segala kelengkapan mesin perangnya, perjalanan ke luar angkasa dengan pesawta ulang-alik, dsb, bisa Amerika wujudkan. Kenapa? yah… gampang…tinggal cetak  dollar saja, maka segala mimpi bisa diwujudkan. Amerika bisa lakukan ini, sedangkan negara-negara lain tidak.

HANCURNYA PRODUKTIFITAS

Tetapi, di balik semua kemudahan tersebut sesungguhnya ada kegagalan yang harus dibayar mahal oleh Amerika yang sayangnya tidak bisa dibayar dengan uang, yaitu kehancuran fundamental ekonomi real, baik sektor industri, perdagangan, pertanian maupun pertambangan. Produk-produk industri  AS,  saat ini sudah dalam keadaan sekarat. Para tenaga ahli dan terampil AS tidak sanggup lagi bersaing melawan China, India, Korea apalagi Jepang. Hampir seluruh perusahan-perusahaan AS saat ini tidak lagi masuk peringkat dunia bahkan banyak yang sudah bangkrut, tinggal menyisakan 2 perusahaan saja, yaitu Exxon Mobil dan Microsoft. Ini semua disebabkan akibat keenakan melimpahnya dollar yang membuat mereka bisa membeli apa saja yang dimau, mereka terlena sehingga kompetensinya tergerus sampai akhirnya tidak bisa bersaing lagi.

DOLLAR DITOLAK

Pada titik di mana para eksportir sudah kebanyakan dollar, seperti China memegang USD 1,5 T, Jepang USD 1,7 T dan nyaris seluruh negara di dunia memegang milyaran dollar, maka dunia mulai “ngeri” melihat tumpukan dollar tersebut. Maka mulailah terjadi beberapa kesepakatan negara untuk tidak menerima pembayaran memakai uang dollar sehingga mata uang ini mulai banyak ditolak dalam transasksi perdagangan di beberapa negara saat ini. Sebagai dampak dari gerakan ini, maka mau tidak mau, untuk belanjakan kebutuhan barang-barang, saat ini AS harus ngutang duit dalam mata uang asing sesuai dengan asal barang yang dibutuhkan. Jadi kalau perlu minyak ke Saudi Arabia, AS harus pinjam uang Real. Belanja ke China harus ngutang Yuan. Ke Jepang, Yen, dan begitu seterusnya. Sehingga hutang AS saat ini sudah menggunung sebanyak USD 13 Triliyun dan setiap hari harus menambah utang baru terus sebanyak miliyaran dollar lagi guna memenuhi kebutuhan anggaran belanja yang memang sangat boros. Hutang AS ini sudah begitu besarnya, sehingga mulai tahun 2011, jangankan untuk mencicil pokok, bahkan sekedar bayar bunga saja sudah tidak mampu.

HANCURNYA KEUANGAN DUNIA

Apabila kemampuan bayar hutang merosot, apalgi gagal bayar, maka AS akan kehilangan kepercayaan dan sebagai akibat lanjutanya, dollar sebagai mata uang yang selama ini dicetak hanya semata berdasarkan kepercayaan tersebut, maka pasar akan takut memegang dollar, maka akan terjadi pelepasan dollar yang besar-besaran di seluruh dunia, dan jika ini terjadi maka, sebenarnya bukan hanya dollar yang hancur tapi sytem keuangan dunia juga akan kiamat. PASTI.

Bagaimana menyelamatkan system keuangan dunia dari perahara ini?


JAWABANNYA HANYA SATU: KEMBALIKAN FUNGSI UANG SEBAGAI ALAT BAYAR DENGAN SYARIAH SEBAGAI SYSTEMNYA.


VirtualBank adalah lembaga keuangan yang dibangun untuk menjadi bantal penyangga atas jatuhnya system keuangan dunia agar kehidupan tetap berlanjut dengan konsep yang original, bernilai dan bebas perbudakan.

Blog ini dibuat untuk mengundang siapa saja yang tertarik memperakarsai kelahiran system keuangan dunia baru yang tidak hanya tambal sulam, tapi secara revolusioner mengubah system keuangan dunia yang gagal saat ini mulai dari akar-akarnya.

Collateral dan Zakat


Fungsi  Collateral

Fungsi collateral, tidak lebih dan tidak kurang, adalah untuk menjamin keamanan dana bank yang dipinjamkan  kepada nasabah. Kalau seorang debitor gagal bayar (NPL), bank akan menyita asset nasabah dan melelangnya untuk mengganti kerugian hutang berupa pokok, bunga plus denda.

Bentuk Collateral

Collateral umumnya berupa kekayaan tidak bergerak (fixed asset) nasabah seperti tanah dan bangunan, asset mana harus memiliki legalitas yang kuat seperti tanah sudah berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) dan bangunan memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Asset tersebut akan dinilai oleh Konsutant Appraisal rekanan bank dan biasanya nilai harga perolehan hanya 50% dari harga pasar, disebut  Harga Likuiditas. Setelah proses audit yang ketat, bank akan mengucurkan kredit kepada nasabah setara dengan 60% kali nilai Harga Likuiditas asset nasabah tersebut. Di luar kekayaan tidak bergerak, bank menerima jaminan berupa asset bergerak, dan kondisi ini lebih bank sukai, seperti collateral berupa kendaraan

Cash Collateral

Seiring dengan pesatnya perkembangan sistem keungan, collateral saat ini bisa berupa uang itu sendiri, disebut Cash Collateral. Collateral  jenis ini  paling disukai bank dan proses pencairan kredit bisa lebih cepat dan simpel. Mengapa? Karena collateral ini membuat bank terjamin 100%, tidak ada resiko sama sekali. Cash collateral umumnya berupa  Certificate Time Deposit (CTD), Standby Letter of Credit (SBLC), Bank guarantee (BG), Medium Term Note (MTN) dan lain sebagainya.

Zakat sebagai sumber Cash Collateral

Ada 8 asnaf yang berhak menerima zakat, salah satunya adalah Ghorimin, yaitu mereka yang punya hutang. Dari sisi penjatahan, secara fiqih, Ghorimin berhak mendapat 1/6 dari total zakat yang diterima pada setiap tahun anggaran (Haul) zakat. Jatah asnaf ini kalau ditata dengan baik dapat dijadikan sebagai cash collateral untuk para pengusaha kelas bawah yang selama ini kesulitan mendapatkan kredit karena tidak memiliki collateral.
Polanya, setiap lembaga penerima zakat harus menyisihkan 1/6 dari setiap zakat yang diperoleh, lalu zakat tersebut ditempatkan di Bank dalam bentuk Surat Deposito Berjangka atau Certificat Time Deposit untuk digunakan sebagai cash collateral bagi para pengusaha kecil yang ada di lingkungan tertentu di mana zakat tersebut diintensifkan. Pengusaha yang usahanya bagus dan perlu modal tinggal direferensi  oleh pengurus mesjid untuk menggunakan fasilitas cash collateral tersebut maka kredit akan cair dengan cepat.

Sumber : http://virtualbank.wordpress.
There was an error in this gadget

AddThis

Bookmark and Share

Facebook Comment

Info Archive

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Arief Natadiningrat :

"Kami berharap, negara ini tidak melupakan sejarah. Dulu sebelum kemerdekaan Bung Karno meminta dukungan keraton untuk bisa membuat NKRI terwujud, karena saat itu tak ada dana untuk mendirikan negara. Saat itu keraton-keraton menyerahkan harta yang mereka punya untuk kemerdekaan negara ini,"

http://nasional.kompas.com/read/2010/12/05/1725383/Para.Sultan.Dukung.Keistimewaan.Yogya

THE FSKN STATMENT IN SULTANATE OF BANJAR : SESUNGGUHNYA KETIKA RAJA - RAJA MEMBUAT KOMITMENT DGN BUNG KARNO DALAM MENDIRIKAN REPUBLIK INI , SEMUA KERAJAAN YG MENYERAHKAN KEDAULATAN DAN KEKAYAAN HARTA TANAHNYA , DIJANJIKAN MENJADI DAERAH ISTIMEWA. NAMUN PADA KENYATAANNYA ...HANYA
YOGYAKARTA YG DI PROSES SEBAGAI DAERAH ISTIMEWA ... AKANKAH AKAN MELEBAR SEPERTI KETIKA DI JANJIKAN ... HANYA TUHAN YG MAHA TAU. ( Sekjen - FSKN ) By: Kanjeng Pangeran Haryo Kusumodiningrat

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=177026175660364&set=a.105902269439422.11074.100000589496907