Titimangsa

Titimangsa
Mendidik | Cerdas | Inovativ

Monday, 5 December 2011

Data Bank Dunia Kini Bisa Diakses di Internet


Data ini bisa diakses di data.worldbank.org.

Selasa, 6 Desember 2011, 13:22 WIB
Bayu Galih, Amal Nur Ngazis
VIVAnews - Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mulai difokuskan untuk mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Sebagai salah satu lembaga internasional yang fokus dalam isu pemerintahan yang baik, Bank Dunia pun menyediakan sumber data terkait dengan informasi pemerintahan suatu negara, secara online.

"Peran teknologi informasi dan komunikasi juga untuk mendukung akuntabilitas publik, akses info oleh publik, dan reaksi publik kepada pemerintah," ujar Jim Adams, Vice President World Bank, dalam sambutan di seminar ICT, Gedung Pasca-Sarjana Paramadina, Jakarta, Selasa, 6 Desember 2011.

Bank Dunia pun menyediakan open data dalam website data.worldbank.org, yang berisi data terkait pemerintah, dengan lebih dari 7 ribu indikator untuk lebih dari 200 negara.

"Open data ini tersedia untuk publik, dan bebas biaya untuk mendapatkan data tersebut," ucap Davis. Data yang ada, menurut dia, relevan bagi peneliti kebijakan publik, pemerintah, maupun pegiat sosial.

Jim Davis berharap data yang ada tersebut dapat diterapkan di masing-masing negara. Ia pun berharap dengan adanya data tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik. (art)
• VIVAnews

sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/269968-data-bank-dunia-kini-bisa-diakses-di-internet
There was an error in this gadget

AddThis

Bookmark and Share

Facebook Comment

Info Archive

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Arief Natadiningrat :

"Kami berharap, negara ini tidak melupakan sejarah. Dulu sebelum kemerdekaan Bung Karno meminta dukungan keraton untuk bisa membuat NKRI terwujud, karena saat itu tak ada dana untuk mendirikan negara. Saat itu keraton-keraton menyerahkan harta yang mereka punya untuk kemerdekaan negara ini,"

http://nasional.kompas.com/read/2010/12/05/1725383/Para.Sultan.Dukung.Keistimewaan.Yogya

THE FSKN STATMENT IN SULTANATE OF BANJAR : SESUNGGUHNYA KETIKA RAJA - RAJA MEMBUAT KOMITMENT DGN BUNG KARNO DALAM MENDIRIKAN REPUBLIK INI , SEMUA KERAJAAN YG MENYERAHKAN KEDAULATAN DAN KEKAYAAN HARTA TANAHNYA , DIJANJIKAN MENJADI DAERAH ISTIMEWA. NAMUN PADA KENYATAANNYA ...HANYA
YOGYAKARTA YG DI PROSES SEBAGAI DAERAH ISTIMEWA ... AKANKAH AKAN MELEBAR SEPERTI KETIKA DI JANJIKAN ... HANYA TUHAN YG MAHA TAU. ( Sekjen - FSKN ) By: Kanjeng Pangeran Haryo Kusumodiningrat

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=177026175660364&set=a.105902269439422.11074.100000589496907