Sunday 19 September 2010

Karawang Ditunjuk Tempat Pembangunan Galeri Kerajaan Nusantara

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/06/01/karawang-ditunjuk-tempat-pembangunan-galeri-kerajaan-nusantara

Karawang Ditunjuk Tempat Pembangunan Galeri Kerajaan Nusantara

Selasa, 1 Juni 2010 - 18:52 WIB

| More

KARAWANG (Pos Kota) – Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja-Raja Nusantara menjadikan Karawang sebagai salah satu daerah alternatif untuk lokasi pembangunan Galeri Nasional Peradaban Kerajaan dan Kesultanan Nusantara.

Hal tersebut terungkap saat tiga orang perwakilan Silatnas Raja-Raja Nusantara, yaitu Raja Samu-Samu VI dari Maluku, KP. Edi Wirabhumi dari Kasultanan Surakarta, serta Pangeran Arief Natadiningrat dari Kasepuhan Cirebon, bertemu dengan Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar di Gedung Singaperbangsa Lt. II Pemda Karawang, Selasa (1/6).

Raja Samu-Samu VI dari Maluku menjelaskan, pembangunan Galeri Nasional merupakan salah satu impian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membangun museum yang berisikan jejak peradaban kerajaan dan kesultanan nusantara.“Hal ini antara lain disampaikan Presiden saat pembukaan Silatnas Raja-Raja Nusantara dan meminta Menko Kesra serta menteri terkait lainnya untuk mewujudkan rencana pembangunan tersebut,” ujarnya.

Raja Samu-Samu VI lebih lanjut menjelaskan, Presiden saat itu pun telah meminta untuk melihat kemungkinan dibangunnya galeri nasional tersebut di wilayah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta seluas 23 hektar, dan berharap grand design galeri tersebut dapat selesai dalam tempo enam bulan. “Namun kami berharap, lokasi tersebut dapat berada di luar Jakarta sehingga dapat semakin meningkatkan perekonomian daerah sekitarnya,” jelasnya.

Raja Samu-Samu VI melanjutkan, selain TMII terdapat tiga daerah lain yang menjadi lokasi alternatif bagi pembangunan galeri tersebut,yaitu Kubu Tambahan Buleleng di Singaraja, Bali seluas 50 hektar, dan di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur seluas 50 hektar. “Serta di Kabupaten Karawang,” imbuhnya.

Menanggapi rencana tersebut, Bupati Dadang S. Muchtar mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Karawang sangat gembira dan menyambut baik dengan dijadikannya Karawang sebagai salah satu alternatif lokasi galeri tersebut. “Terlebih Kabupaten Karawang merupakan daerah yang sangat strategis, yaitu hanya berjarak 90 menit dari Bandara Soekarno-Hatta dan Ibukota Negara, serta hanya 90 menit dari Ibukota Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Hanya saja di Kabupaten Karawang tidak terdapat lahan milik negara ataupun lahan milik pemerintah daerah yang luasnya mencapai 50 hektar. “Namun demikian kita akan berupaya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk dapat menyediakan lahan, khususnya di daerah-daerah yang dekat dengan pintu tol,” tambahnya.

Menurut Bupati, Kabupaten Karawang sebenarnya tidak hanya terkenal sebagai daerah pertanian dan industri saja. Melainkan juga memiliki berbagai macam potensi wisata yang terus berkembang. “Tidak hanya wisata alam seperti curug dan pantai, melainkan juga wisata religi dan juga wisata histories seperti situs Candi Jiwa yang merupakan candi Buddha tertua di Indonesia, serta Monumen Rengasdengklok yang merupakan cikal bakal kemerdekaan Indonesia,” jelasnya. (nourkinan/B)

Wikipedia

Search results

AddThis

Bookmark and Share

Facebook Comment

Info Archive

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Arief Natadiningrat :

"Kami berharap, negara ini tidak melupakan sejarah. Dulu sebelum kemerdekaan Bung Karno meminta dukungan keraton untuk bisa membuat NKRI terwujud, karena saat itu tak ada dana untuk mendirikan negara. Saat itu keraton-keraton menyerahkan harta yang mereka punya untuk kemerdekaan negara ini,"

http://nasional.kompas.com/read/2010/12/05/1725383/Para.Sultan.Dukung.Keistimewaan.Yogya

THE FSKN STATMENT IN SULTANATE OF BANJAR : SESUNGGUHNYA KETIKA RAJA - RAJA MEMBUAT KOMITMENT DGN BUNG KARNO DALAM MENDIRIKAN REPUBLIK INI , SEMUA KERAJAAN YG MENYERAHKAN KEDAULATAN DAN KEKAYAAN HARTA TANAHNYA , DIJANJIKAN MENJADI DAERAH ISTIMEWA. NAMUN PADA KENYATAANNYA ...HANYA
YOGYAKARTA YG DI PROSES SEBAGAI DAERAH ISTIMEWA ... AKANKAH AKAN MELEBAR SEPERTI KETIKA DI JANJIKAN ... HANYA TUHAN YG MAHA TAU. ( Sekjen - FSKN ) By: Kanjeng Pangeran Haryo Kusumodiningrat

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=177026175660364&set=a.105902269439422.11074.100000589496907